Rabu, 14 Januari 2009

Buat Sendiri Film 3D Anda di Rumah

Film 3D segera bukan hanya dibuat oleh studio film dengan anggaran yang besar. Di ajang CES, dua perusahaan telah menunjukkan cara penggunaan bagi user rumahan untuk membuat dan berbagi film 3D.

Salah satunya dengan suatu webcam dengan 2 lensa yang meniru penglihatan manusia dan mengubah gambar yang diambil ke dalam bentuk film 3D.

Perusahaan lain membuat program yang diharapkan membuat lebih mudah bagi user rumahan untuk menampilkan film 3D di berbagai macam tipe layar.

PDT yang berkedudukan di Manchester telah menciptakan Minoru webcam yang punya 2 lensa yang dipasang dengan jarak yang sama seperti mata manusia. Program yang ada di dalam webcam mengubah 2 gambar ke dalam bentuk yang disebut anaglyph.

Untuk melihat hasil film dalam bentuk 3D, penonton harus menggunakan kacamata yang sudah tidak asing lagi dengan lensa merah dan biru. Hal ini untuk memastikan hanya satu dari 2 gambar yang ditampilkan terlihat oleh masing-masing mata dan memaksa otak untuk mengubahnya menjadi gambar 3D yang bergerak.

Juga pada CES, perusahaan Amerika TD menunjukkan program codec yang mempermudah dalam menampilkan film 3D di berbagai tipe layar yang berbeda.

Ethan Shur, juru bicara untuk TD Vision, mengatakan perusahaan itu juga mengembangkan bentuk dasar dari 3D camcorder yang akan beroperasi dengan program untuk mengubah film menjadi film 3D.
Sumber: kapanlagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar