Kamis, 19 Maret 2009

Blog di Indonesia Jadi Entitas Bisnis Tersendiri

Blog di Indonesia pada tahun ini diproyeksikan makin mengerucut menjadi entitas bisnis tersendiri, seiring kian meluasnya pengakses.

Budi Putra, CEO Asia Blog Networking, mengungkapkan perusahaan pemasang iklan maupun biro iklan sekarang kian memperhitungkan blog sebagai bentuk baru media massa yang diminati masyarakat.

Dia menjelaskan agregator blog miliknya yang baru berdiri dua tahun ini sudah jadi pilihan pengiklan secara langsung (direct advertiser) sejumlah perusahaan besar seperti Microsoft, Intel, Blackberry, Nokia, dan Garuda Indonesia.

"Mereka sudah melihat bahwa pengakses blog itu adalah tipikal konsumen yang spesifik tapi antusias. Ini adalah segmen yang sangat strategis bagi para pemasang iklan," katanya dalam Bandung Blog Vaganza di ITB, hari ini.

Budi mengungkapkan sejumlah blog yang dikelolanya yakni blog traveling dan tips kesehatan herbal sangat diminati pembacanya di Asia dan dunia, seiring makin memudarnya kepercayaan atas situs milik pemerintahan.

Masyarakat, ujarnya, lebih merasa nyaman membaca blog karena semuanya berdasarkan pengalaman personal yang jauh lebih memandu dibandingkan situs institusi yang kontennya terkadang malah mendikte.

Budi mengungkapkan blog juga bakal makin komersial pada 2009 ini karena kebutuhan pengisi konten blog, terutama dari Eropa dan Amerika Serikat, kian meninggi seiring dengan bertambahnya jumlah blog.

"Kami kerap diminta pengisi konten yang spesifik oleh mitra di luar. Tapi mencari penulis itu tidak mudah. Padahal honor menjadi full time blogger itu sangat tinggi, bisa mencapai empat digit dolar per bulan."

Budi melihat komersialisasi bakal cepat terjadi apabila pemilik blog Indonesia fokus dalam memilih tema tulisannya, rajin memperbarui isi blog, serta memprioritaskan� menulis dalam bahasa Indonesia.

Donny B.U, Vice President of� Publisher Group Detik.com, mengungkapkan jasa layanan blog lokal (blog detik) yang dikelolanya terus menunjukkan pertumbuhan signifikan sejak pertama kali dikenalkan sekitar dua tahun lalu.

Dia menjelaskan pemilik blog detik kini telah mencapai 21.820 user, 50 blog selebritis, 20.000 pageviews per hari, serta 60.000 unique visitor day atau setara dengan 600.000-1,2 juta pengunjung setiap harinya.

Menurut dia, proses interaksi dua arah yang riil time dengan kustomisasi layanan yang luas membuat pengguna dan pengakses blog semakin banyak, baik yang menggunakan jasa layanan lokal maupun luar.

"Ini era komunitas, di mana eksistensi seseorang bisa diukur dari kehadirannya di dunia maya. Baik melalui blog, multiply, maupun facebook. Karenanya, akses blog yang makin banyak tentu membuka peluang bisnis."

Donny mengungkapkan penyediaan blog lokal selain akan mendorong distribusi ekonomi lebih merata di dalam negeri, juga akan menghemat trafik bandwith yang kini masih dominan ke luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar