Jumat, 23 Januari 2009

Ponsel Jadi Medium Blogging

Telepon seluler diperkirakan segera menjadi medium utama untuk mengelola isi blog serta menampilkankannya. Penetrasi ponsel di Indonesia yang lebih besar dari komputer membuat peluang penerapan mobile blogging itu terbuka lebar.

Budi Putra, CEO Asia Blogging Network, mengatakan pengembang aplikasi dan pembuat blog atau web log bisa mengikuti bisnis model yang dilakukan Twitter yaitu situs layanan micro blogging dan jejaring sosial

Twitter dapat diakses menggunakan medium ponsel dan pemilik akun dapat menulis pesan singkat di blog sebanyak 140 karakter dan secara realtime.

“Yang perlu diketahui oleh pengguna adalah peluang-peluang yang datang dari interaksi antaranggota komunitas pemakai situs tadi. Dengan media jejaring sosial ini mereka dapat saling berbagi informasi, membentuk jaringan dan ide,” ujarnya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Dia menyarankan bagi pembuat blog agar jangan hanya menjadi seorang publisher melainkan dapat menjadi penulis yang memiliki keahlian spesifik untuk dituangkan melalui blog. “Sebagai pembuat blog, mereka harus dapat menunjukkan karakter portofolio dari blognya.”

Sesuai kebiasaan
Budi menyarankan sebagai blogger profesional jangan terlalu mengejar uang. Yang perlu dilakukan, katanya, pembuat blog harus menulis sesuai dengan kebiasaan atau menguasai pengetahuan tertentu. Selain itu, mereka perlu memantau segala informasi terbaru yang otomatis mengharuskan mereka untuk selalu memantau perkembangan blognya.

Sehingga, tambahnya, dengan melakukan hal ini mereka tidak perlu terlalu mengkhawatirkan soal trafik.

“Contohnya bagi pengamat atau ahli komputer, ya blog mereka selayaknya dipenuhi oleh informasi tentang hal-hal tersebut. Orang yang tahu tentang Spiderman (tokoh komik) saja bisa sangat dicari orang untuk mendapatkan informasinya.”

Dia menjelaskan model bisnis yang mungkin dilakukan oleh pengembang aplikasi dengan memanfaatkan media blog adalah membuat aplikasi untuk bisa diunduh pengguna tanpa dikenakan biaya.
Sumber: Harian Bisnis Indonesi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar